Breaking News

Hindari Kesalahan Saat Interview User Pramugari Garuda Indonesia

Kesalahan Saat Interview User Pramugari tentunya harus dihindari. Karena sekecil apapun kesalahan yang Anda lakukan akan membuat kesempatan Anda menjadi pramugari hilang seketika. Agar dapat menghindari untuk melakukan kesalahan tersebut tentunya Anda harus mengetahui dulu kira-kira hal apa saja yang seringkali dilakukan oleh calon pramugari yang termasuk kesalahan dalam tes interview user ini.

Hindari Kesalahan Saat Interview User Pramugari Garuda Indonesia
Hindari Kesalahan Saat Interview User Pramugari Garuda Indonesia

Tahapan Tes Menjadi Pramugari Garuda Indonesia 

Garuda Indonesia merupakan maskapai lokal milik Indonesia yang sudah dinilai sebagai maskapai dengan layanan terbaik oleh dunia. Maka dari itu demi menjaga kualitas pelayanannya tentunya maskapai Garuda Indonesia tidak mau sembarangan dalam merekrut setiap karyawan yang akan melayani penumpang secara langsung. 


Termasuk salah satunya adalah profesi pramugari yang memang kualitas pelayanan maskapai sangat tergantung dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh pramugari terhadap para penumpang. 


Maka dari itu, ketika melamar sebagai pramugari di Garuda Indonesia setiap pelamar harus melalui beberapa serangkaian tes seleksi dimana tahapannya terhitung lebih banyak dibanding maskapai lainnya yang meliputi: 
  
  • Tes Penampilan
    Pengukuran tinggi dan berat badan serta kondisi kulit, cara berjalan, cara duduk dan semua hal yang berkaitan dengan penampilan.
  • Tes Bahasa Inggris dan Psikotes
    Tes ini akan berlangsung secara tertulis dan berkelanjutan yang tentunya akan memakan waktu cukup lama. Maka dari itu pastikan kondisi badan Anda benar-benar fit.
  • Tes Wawancara User
    Yaitu tes wawancara yang pertanyaannya terkait pribadi calon pramugari. Tahap sebetulnya cukup mudah untuk dilalui. Namun terdapat beberapa hal yang harus dihindari karena jika Anda sampai melakukan Kesalahan Saat Interview User Pramugari tentunya Anda bisa langsung diyatakan gugur.
  • Tes Wawancara Kompetensi
    Tahap ini merupakan tahap yang membedakan antara tahap tes di Garuda Indonesia dengan di maskapai lain. Untuk tes wawancara di maskapai lain biasanya tahap interview user dan kompetensi digabungkandalam 1 tahap yang disebut tes wawancara.
  • Tes Kesehatan
    Tes ini akan dilakukan di rumah sakit dan laboratorium yang sudah bekerja sama dengan maskapai penerbangan.
  • Tes ASKAM
    Yaitu tes aspek keamanan yang materinya seputar PANCASILA, NKRI, dll.
     
  • Tes Pantukhir
    Yaitu tes pantauan akhir dengan pimpinan direksi dari maskapai penerbangan. Dalam tes ini biasanya pramugari sudah diperkenankan mengenakan seragam dengan catatan dilarang keras untuk  mengambil foto.
Itulah tahapan yang harus dilalui oleh calon pramugari Garuda Indonesia.

Tips Lolos Seleksi Interview User Pramugari  

Mengingat tahap interview user menjadi salah satu tahap yang akan membuat banyak kandidat gugur maka dari itu selain Anda perlu mengetahui kemudian menghindari Kesalahan Saat Interview User Pramugari Garuda Indonesia Anda jhuga harus mengetahui tips lolosnya. 


Yang antara lain: 

  • Gunakan pakaian yang rapi
    Pakaian merupakan cerminan pribadi seseorang yang mengenakannya. Maka dari itu jangan sampai salah kostum pada saat Anda akan mengikuti tes ini.
  • Yakinlah dengan kemampuan yang Anda miliki sendiri
    Modal terbesar agar bisa lolos dalam tes wawancara user ialah Percaya Diri. Namun hindari bersikap sombong atau terlalu membanggakan kelebihan yang Anda miliki.
  • Jangan memberi jawaban tidak
    Memberi jawaban tidak (tidak bisa) membuat penguji akan menganggap Anda sebagai orang yang tidak mau berusaha. Dan hanya berpuas diri dengan kata tidak bisa tanpa mau memperbaiki ketidakbisaan tersebut.
     

Kesalahan Saat Interview User Pramugari Garuda Indonesia

Meski sebagian orang menganggap tes wawancara sebagai hal yang sepele namun buktinya tahap ini justru banyak membuat para kandidat gagal. Penyebabnya juga rata-rata karena kesalahan-kesalahan yang terbilang sepele.


Tes interview user di maskapai Garuda Indonesia lebih difokuskan kepada pertanyaan terkait penggalian identitas, antusiasme, kemampuan, komitmen, kebijaksanaan dan juga terkait kepribadian yang dimiliki oleh masing-masing kandidat.


Hal yang membuat calon pramugari terbuang atau terdiskualifikasi biasanya karena telah melakukan Kesalahan Saat Interview User Pramugari Garuda Indonesia baik yang berupa kesalahan dalam memberikan jawaban ataupun kesalahan dalam bersikap saat tes berlangsung.


Rata-rata kesalahan yang tanpa disadari dilakukan oleh calon pramugari dan berdampak terdiskualifikasi saat tahap interview user antara lain adalah:

  • Berpakaian tidak rapi dan asal-asalan
    Bercita-cita untuk menjadi seorang pramugari, sudah selayaknya jika Anda berpakaian rapi, elegan dan juga wangi. Tidak perlu yang mahal namun asal pakaian yang dikenakan tersebut sopan, serasi dan rapi itu sudah cukup baik dinilai penguji. Dibanding pakaian yang harganya mahal namun kurang enak untuk dilihat.
  • Egois
    Memiliki sikap egois tentunya sangat tidak cocok untuk menggeluti karir di dunia kepramungarian. Mengapa demikian? Karena dalam bertugas  pramugari harus bisa mementingkan kenyamanan dan keselamatan penumpang diatas kepentingannya pribadi.
  • Belum memiliki tujuan yang pasti
    Dalam menghadapi tes interview user, tidak jarang kandidat yang gugur tersebut diakibatkan karena mereka belum mengetahui tujuan mereka mengapa ingin bekerja sebagai seorang pramugari di maskapai penerbangan. Meski kelihatannya merupakan pertanyaan yang sepele namun ternyata jawaban atas pertanyaan ini sangat menentukan nasib Anda berikutnya lho.
  • Pasif
    Pasif atau kurang komunikatif serta tidak memiliki inisiatif tentunya juga kurang cocok untuk menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan. Sikap ini bisa diketahui oleh penguji dengan cara menggali dan mengeksplorasi tentang diri pribadi masing-masing kandidat yang kemudian akan ketahuan berdasarkan jawaban dan cara menjawab pertanyaan ketika itu.
  • Tidak konsentrasi dan sering salah respon
    Salah satu kesalahanyang juga harus benar-benar Anda hindari adalah tidak berkonsentrasi sehingga mengakibatkan salah respon/ salah dalam menjawab. Untuk menyiasatinya Anda tentunya harus benar-benar pasang pendengaran dengan baik ketika penguji memberikan pertanyaan kemudian Anda bisa secepatnya menjawab dengan jawaban yang tidak menyimpang dari pertanyaan yang diberikan oleh penguji.
  • OVER PD
    Meskipun sikap percaya diri diperlukan untuk menjadi pramugari, namun kepercayaan diri yang berlebihan juga tetap wajib dihindari. Karena justru bisa membuat Anda terkesan angkuh dimata penguji.
  • Tidak memiliki komitmen
    Pertanyaan yang mengarah pada komitmen juga akan diberikan oleh pewawancara jadi harap berhati-hati. Jangan sampai Anda memberikan jawaban plin plan.
  • Bahasa tubuh yang buruk
    Menghindari bahasa tubuh yang tidak diperlukan sangat penting saat Anda mengikuti tahap tes interview user. Seperti kebiasaan bermain rambut, membetulkan pakaian, mainan bibir, dll.
  • Kurangnya wawasan
    Sebelum Anda mengikuti tes interview user, pastikan Anda sudah menyiapkan materinya dengan baik. Karena jika sampai ada pertanyaan yang Anda tidak bisa menjawab tentunya akan membuat nilai Anda jelek dan beresiko akan gugur dalam tahap ini.

Semua tips dan hal-hal yang perlu dihindari diatas akan bisa Anda dapatkan dan biasakan jika Anda bergabung di Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia. Karena Anda akan dibimbing oleh instructur berpengalaman untuk menjadi calon pramugari profesional.

Hindari Kesalahan Saat Interview User Pramugari Garuda Indonesia
Hindari Kesalahan Saat Interview User Pramugari Garuda Indonesia


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Informasi selengkapnya silakan langsung menghubungi panitia pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru PSPP Penerbangan melalui WA/LINE 0822 2500 7272. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar