Breaking News

Calon pramugari Harus Menguasai Teknik Pernapasan CPR

Pramugari Harus Menguasai Teknik Pernapasan CPR. Mengapa demikian? Tentu kaitannya adalah dengan tugas dan tanggung jawab pramugari yaitu terkait keselamatan dan keamanan penumpang selama penerbangan. Maka dari itu penguasaan terhadap beberapa hal harus benar-benar dimiliki oleh seseorang yang berkecimpung dalam dunia kepramugarian agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
Calon pramugari Harus Menguasai Teknik Pernapasan CPR
Calon pramugari Harus Menguasai Teknik Pernapasan CPR

Pramugari Harus Menguasai Teknik Pernapasan CPR Ini Alasannya

Dalam sebuah penerbangan, pramugari yang bertugas sebagai crew cabin tentunya harus bertanggung jawab penuh terhadap situasi yang terjadi di dalam cabin selama penerbangan berlangsung. Mulai dari kenyamanan, keselamatan serta keamanan penumpang semua harus diprioritaskan oleh para pramugari.



Untuk itu, pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang tidak mudah didapatkan karena memang butuh banyak sekali keahlian khusus agar bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang baik selama menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan.



Salah satunya adalah calon Pramugari Harus Menguasai Teknik Pernapasan atau CPR. Beberapa waktu silam pernah terjadi insiden meninggalnya mantan sekretaris daerah di pesawat Garuda Indonesia yang beritanya dimuat pada beritatrans.com tanggal 17 Maret 2017 dan diduga karena terkena serangan jantung.


Hubungannya dengan pembahasan kali ini tentunya setiap pramugari diwajibkan untuk mengetahui cara-cara pemberian pertolongan pertama pada penumpang yang mendadak sakit selama penerbangan berlangsung. Salah satunya adalah tentang cara pemberian nafas buatan atau yang dalam dunia penerbangan dikenal dengan teknik CPR.



Calon pramugari wajib mengikuti pelatihan teknik CPR (cardiopulmonary resuscitation) selama mengikuti ground training. Cara tersebut merupakan metode kompresi dada dan pemberian nafas buatan untuk orang yang detak jatung atau pernapasannya berhenti.

Langkah Penerapan Teknik CPR Bagi Penumpang Yang Mendadak Sakit

Pramugari Harus Menguasai Teknik Pernapasan CPR. Mempraktekkan teknik CPR di dalam pesawat terbang tentunya tetap ada prosedur khusus yang harus dilalui oleh pramugari. Prosedurnya meliputi: 
  • Cek Bahaya 
Ketika dalam sebuah penerbangan, seorang pramugari menemukan penumpang yang tidak sadarkan diri, hal pertama yang harus dilakukan ialah mengecek keadaan sekitar apakah dalam tempat berbahaya atu tidak. Karena tentu pramugari harus memastikan bahwa selama ia memberikan portolongan tidak akan menjadi korban berikutnya. 


  • Cek Respon
Kemudian pramugari harus mengecek respon dari penumpang yang tidak sadarkan diri tersebut dengan sedikit mengguncang-guncangkan bahu nya sambil menanyakan apakah korban baikbaik saja atau tidak. 




  • Teriak Minta Tolong 
Bila tidak muncul respon apapun dari penumpang yang sedang tidak sadarkan diri tersebut, maka langkah berikutnya ialah meminta pertolongan kepada pramugari lain dengan cara menekan tombol pemanggil. Sehingga pramugari lain akan datang dan memberikan bantuan.

  • Cek Jalur Pernapasan 
Buka jalur pernapasan penumpang tersebut dengan cara menekan dahinya ke bawah sambil menarik dagu ke arah atas untuk memastikan bahwa jalur pernapasan nya terbuka dan lancar.

  •  Cek Pernapasan
 Sebelum memutuskan untuk memberikan bantuan CPR, pramugari harus memstikan dulu bahwa orang tersebut dalam keadaan tidak sadar dan tidak bernapas dengan normal. Caranya dengan mendekatkan telinga ke mulut korban selama 10 detik sambil melihat ke dada korban apakah bergerak seperti bernapas ataukah tidak.


  • Pemberian Tekanan Pada Jantung 
Setelah yakin, posisikan korban dalam kondisi terlentang atau berbaring pada permukaan yang datar tidak mkiring. Kemudian letakkan satu tangan di tengah dada korban kemudian tumpukkan tangan berikutnya, genggam erat untuk memberikan kekuatan pada tekanan.



Teknik Pernapasan CPR Juga Dipelajari di Sekolah Pramugari

Bergabung dengan sekolah pramugari yang tepat tentunya akan membuat bekal Anda menjadi calon pramugari di maskapai penerbangan semakin lengkap. Salah satunya adalah tentang Pramugari Harus Menguasai Teknik Pernapasan CPR.


Karena sekolah pramugari yang bagus tentunya akan memberikan materi dan praktek tentang beberapa hal yang harus dikuasai pramugari termasuk cara memberikan napas buatan, cara memadamkan kebakaran, cara mengevakuasi penumpang dengan  cepat, cara membantu penumpang masuk ke perahu darurat, dll.


Jadi tidak sebatas belajar teori tetapi juga diajak untuk mempraktekannya langsung atau yang disebut dengan kegiatan mock up.


Bagi Anda yang tertarik dengan pelatihan tersebut tentunya Anda harus bergabung dengan sekolah pramugari yang tepat. Di bawah ini saya berikan informasi mengenai sekolah pramugari terbaik di Indonesia yang sudah mendapat izin penyelenggaraan dari dinas terkait.

Informasi Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia

Semakin meningkatnya perkembangan industri transportasi udara di Indonesia membuat kebutuhan tenaga profesional yang akan bergabung di dunia penerbangan juga semakin meningkat. Untuk itu saat ini di Indonesia mulai banyak bermunculan lembaga-lembaga yang menyelenggarakan diklat singkat dalam bidang penerbangan yang tujuannya untuk melatih dan mengembangkan potensi generasi muda Indonesia dalam dunia penerbangan. 


Salah satu sekolah penerbangan  terbaik yang ada di Indonesia adalah FAAST Penerbangan.


FAAST Penerbangan menyelenggarakan jurusan pramugari yang bisa dijadikan pilihan bagi generasi mudah yang ingin mengembangkan potensinya di bidang kepramugarian. 


Saat ini FAAST Penerbangan kembali membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bergabung mengikuti sekolah pramugari dengan masa pendidikan 5 bulan dan 2 bulan masa OJT untuk angkatan 2019/2020. 


Informasi pendaftaran selengkapnya dapat Anda peroleh dari panitia pendaftaran FAAST Penerbangan All Cabang melalui kontak di bawah ini: 

Kak JENI WA/LINE 0822 2500 7272 
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI
IG https://www.instagram.com/daftarpramugari/ 

Fanspage https://fb.me/DaftarPramugari

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait calon Pramugari Harus Menguasai Teknik Pernapasan CPR dan semoga dapat menambah wawasan bagi Anda tentang kepramugarian. 

Baca juga: 
Tes Kesehatan Sekolah Pramugari
Gaji Pramugari Garuda Indonesia  

Tidak ada komentar